Menguji Ecosport sebagai SUV

SEBAGAI mobil sport utility vehicle (SUV), All New Ford Ecosport terbilang cukup teruji. Tidak hanya canggih dan praktis untuk kebutuhan perkotaan, spesifikasi mobilnya juga mantap dibawa off-road dan perjalanan jauh. Maka, bila Anda tipe pekerja keras yang gemar menikmati hidup dengan berjalan-jalan di akhir pekan, mobil ini bisa menjadi pilihan sesuai.
Terujinya kemampuan Ecosport sebagai SUV dirasakan langsung oleh 24 jurnalis asal Indonesia yang berkesempatan melakukan test drive mobil tersebut di Hua Hin, Thailand, Sabtu (15/3).

Media Indonesia merasakan hal pertama yang pasti tidak luput dari pengamatan ialah kapasitas mobil. Sebagai SUV kompak, Ecosport didesain dengan banyak ruang penyimpanan.

Terdapat tidak kurang dari 20 tempat penyimpanan di dalamnya. Glove box atau laci mobil juga bisa dialiri udara dari AC hingga bisa mendinginkan suhu di dalamnya. Sistem itu bisa mendinginkan hingga enam kaleng minuman. Di kursi penumpang, ruang kaki cukup luas karena joknya bisa dimundurkan. Kalau hanya digunakan untuk dua orang saja, kursi belakang bisa dilipat sepenuhnya dan memberikan ruang kargo lebih luas hingga 705 liter.

Kursi belakang dapat dibagi dengan persentase 60:40 untuk mengangkut benda panjang. Dengan luas itu, kita bisa menempatkan barang sebesar mesin cuci di kargo. Di rel atap bisa ditempatkan barang seberat 20 kilogram.

Tentu banyaknya ruang penyimpanan itu tidak akan ada artinya kalau kemampuan Ecosport melempem saat diuji di jalan menantang. Bermodalkan mesin 1,5L Ti-VCT, mobil ini bisa memuntahkan tenaga hingga 110 PS dan torsi 142 Nm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi otomatis enam percepatan Ford Powershift atau transmisi manual lima percepatan.

Bagaimana dengan sistem suspensi yang biasanya menjadi salah satu tolok ukur kenyamanan dan keamanan mobil? Kerja suspensi Ford Ecosport saat melaju di jalan menuju perkebunan anggur Hua Hin Hills yang berlubang, berbatu, dengan kontur banyak tanjakan, layak diacungi jempol. Guncangan dalam mobil terbilang minim dan tubuh kendaraan tidak limbung.

Alhasil, rasanya tetap nyaman kendati tidak kehilangan sensasi petualangan menantang. Soal rahasia di balik sistem suspensi itu, Marc Nelis, Small Car Program Manager Ford Motor Company ASEAN, menyebut hydrolock-lah yang berperan mengeluarkan keseimbangan optimal dari mobil itu. “Hydrolock menggunakan cairan hidraulis sebagai tambahan untuk menghilangkan energi ketika peredam mendekati ekstensi penuhnya,“ paparnya.

Karenanya, desain suspensi kendaraan, yang selama ini selalu harus kompromistis antara berkendara nyaman dan handling, bisa diatasi. Teknologi hydrolock diklaim mampu menggabungkan kedua kualitas itu.
Ketangguhan itu ditunjang pula dengan ground clearance 200 milimeter.
Begitu juga dengan kemampuan mengarungi air setinggi 550 milimeter, kubangan air besar atau banjir bisa diterobos hingga ketinggian itu.

Pada tanjakan, fitur hill launch assist sangat membantu karena mencegah mobil mundur atau maju pada tanjakan atau turunan. Ada ikatan rem selama 3 detik yang tanpa terasa memudahkan pergantian dari pedal rem ke gas sehingga mobil ini aman, bahkan bagi pemula.

Berminat sewa mobil Solo dengan menggunakan All New Ford ?

All New Ford Ecosport juga dilengkapi dengan sistem electric power-assisted steering (EPAS). Sistem itu membuat kemudi cukup pintar untuk membe da-bedakan bantuan berdasarkan kecepatan kendaraan, sudut roda kemudi, data tikung, dan percepatan atau perlambatan.

Namun, hal yang menarik mungkin justru dari sisi eksterior. Tampilan luar mobil itu tampaknya terlalu manis untuk sebuah SUV. Kesan gahar pada eksteriornya nyaris absen dan membuat mobil itu mungkin akan lebih menarik perhatian kaum hawa ketimbang lelaki pecinta jalanan ekstrem. Namun, tentu saja itu soal selera dan pilihan. (Her/S-2/MEDIA INDONESIA,20/03/2014,HAL 22)

1 komentar:

Post a Comment