Kelayakan Bus Lebaran di Cek

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta (Solo) bersama Satlantas Polresta, menggelar kegiatan pengecekan kelayakan jalan armada bus Lebaran.
Kegiatan itu dilakukan bersama Unit Pelayanan Perhubungan (UPP) Wilayah Surakarta Dishubkominfo Jawa Tengah dan berlangsung Rabu (24/7). Antara lain melakukan pengecekan administrasi dan peralatan teknis kendaraan.

Ilustrasi Suasana Mudik Lebaran

Menurut Kepala Bidang Teknis Sarana dan Prasarana Arief Handoko, pemeriksaan dilakukan dengan mendatangi secara bergantian garasi perusahaan bus. Pemeriksaan pertama di garasi bus PO Mulyo Indah dan disimpulkan, armada yang disiapkan untuk angkuta Lebaran 2013 memenuhi persyaratan.
Kesimpulan demikian didasarkan hasil pengecekan administrasi yakni STNK dan buku KIR diketahui masih berlaku. Juga pengecekan teknis melihat lampu utama, lampu rem, wiper, sign yang diketahui bekerja sesuai fungsi. Termasuk pemeriksaan ambang batas emisi yakni 39 persen berada di bawah ketentuan sebesar 49 persen. Pemeriksaan lanjutan bakal dilakukan pada sekitar H-7 Lebaran di terminal bus Tirnonadi.
Sekilas Info Transportasi Mudik yang membutuhkan rental mobil.
Dalam pemeriksaan yang bakal berlangsung pihaknya bekerjasama dengan Kepolisian dan Dinas Kesehatan. Hal ini mengingat pemeriksaan meliputi kelayakan jalan armada bus dan kesehatan pengemudi. "Pengemudi akan menjalani test apakah yang bersangkutan meminum alkohol atau sebaliknya ketika melakukan tugasnya mengemudi," jelasnya.

Tidak Dioperasikan.

Kepala UPP Wilayah Surakarta Dishubkominfo Jawa Tengah Joko Widodo mengatakan, kendaraan angkuta barang pada H-4 sudah tidak diizinkan melewati ruas jalan di kota, kecuali kendaraan yang membawa semobako dan BBM. Tujuannya agar tak menganggu lalu lintas arus mudik. Jembatan timbang pun tidak dioperasikan mulai H-7 hingga H+7. (Sumber Wawasan, 25 Juli 2013)

0 komentar:

Post a Comment