Honda CRZ Automatic Transmition

Rental Mobil Solo - Matic tapi Binal, Hemat dan Cepat, begitu kira kira karakter mesin yang diusung Honda CRZ. Mobil sedan sport Jepang yang termurah saat ini. Meski image sebagian pengamat mobil ini mahal, tetapi coba bandingkan dengan harga sedan sport asal jepang lainnya. Mobil sport dengan banderol terdekat adalah Toyota FT 86 dikisaran angka 700 juta-an sedangkan CR-Z hanya dikisaran 500 juta-an. Selain image mahal, CRZ juga telah menebarkan Hybrid identik dengan mobil yang tidak bisa dibawa ngebut. Ternyata image mahal, dan pelan salah semua ketika Wawasan diberi kesempatan untuk mencoba atau test drive Honda CRZ oleh Honda Semarang Center Setya Budi Semarang.

Seperti dugaan semula, suspensi mobil sport selalu terasa sedikit lebih keras ketimbang sedan biasa, hal ini tentu bertujuan untuk memudahkan handling ketika melakukan manuver dikecepatan tinggi. Kemudia yang bisa diatur ketinggian serta jaraknya sangat sensitif serta begitu manut ketika diajak manuver.
Meski jok diusung semi bucket tetapi masih leluasa untuk bergerak. Meski posisi pengemudi ambles (seperti juga semua mobil sport lainnya) tetapi sudut pandang kedepan dan samping tidak terhalang karena posisi duduk driver yang driveable. Selain itu dimensi mobil yang kecil memudahkan pandangan keluar.

Kaca yang diadopsikan cukup kuat melindungai dari sengatan matahari sehingga udara AC cepat sekali mencapai temperatur yang dikehendaki. Indikator dan panel dahsboard yang begitu banyak menjadikan seolah duduk di kokpit pesawat. Mulai dari tombol tombol audio yang di back-up 6 speaker plus 1 subwoofer hingga beberapa fitur pilihan drive mode. Hanya saja posisi safety belt terasa terlalu mundur dibelakang kursi kemudi, mungkin karena setting untunk orang eropa yang bongsor. Dan kursi belakang terkesan hanya sebagai pelengkap. Karena ruang kaki yang sempithanya cukup untuk anak-anak.

Bagi mereka yang menyukai sportcar tetapi masih dalam kategori pemula, mungkin CRZ bisa menjadi koleksinya, karena masih front wheel drive dan hybrid. Tetapi meski hanya dipersenjatai dengan mesin SOHC 16 valve, seperti juga yang diusung oleh Jazz dan City, tetapi tenaga yang dihasilkan seperti bumi dan langit. Sensasi mengendaranya benar benar menanggalkan kesan mobil matic.Hentakan begitu terasa ketika pedal gas dipijak, mesin seolah menantang untuk terus dibejek karena jarum speedo yang tak mau berhenti naik. Inilah tehnologi CVT Honda yang sebenarnya.
Tak terbayang sebelumnya bila tenaga CRZ sebegitu besar karena hanya mengusung mesin 1500 cc. Sensasi mesin lebih tambah terasa ketika tombol S+ ditekan, karena saat itu pula tenaga baterai ikut menambah tenaga hingga 5 detik lamanya. Walaupun sprotcarm Honda CRZ diklaim oleh majalah Car and Driver rata-rata konsumsi bahan bakarnya 1 : 9,5 km.

Sumber Wawasan, 29 Juli 2013

0 komentar:

Post a Comment