Shacman Ramaikan Pasar Truk Heavy Duty

MELALUI agen pemegang merk (APM) resminya di Indonesia, PT Shacmindo Perkasa, merek truk Shacman asal Tiongkok ikut meramaikan IIMS 2014 dengan mengusung tema Efficient & green melalui produk andalan berupa heavy duty truck berbahan bakar CNG (compressed natural gas).

Pemilihan produk andalan yang ramah lingkungan itu diambil berdasarkan fakta bahwa saat ini sekitar 85% pencemaran udara di Indonesia dikontribusikan emisi gas buang dari kendaraan bermotor.

Hal menarik lain ialah isu seputar efisiensi bahan bakar yang dihasilkan truk dengan bahan bakar alternatif. Ini sejalan dengan program pemerintah dalam mencari sumber energi lain yang lebih baik.

“Jika menggunakan converter bahan bakar, efisiensi maksimal yang diperoleh hanya mencapai 15% jika dibandingkan dengan menggunakan solar nonsubsidi. Jika kendaraan yang sejak awal dirancang untuk menggunakan bahan bakar gas, efisiensi bisa mencapai 66%,“ ujar Satrio dari PT Shacmindo Perkasa di IIMS 2014, pekan lalu.

Dalam delapan tahun terakhir Shacman berhasil menjual truk CNG/LNG sebanyak 80 ribu unit dengan populasi yang tersebar di seluruh dunia termasuk di Tiongkok sendiri.Di Indonesia, tahun lalu Shacman berhasil menjual 300 unit dan akan melepas 300 unit lagi tahun ini.

Di pasar Indonesia PT Shacmindo Perkasa fokus pada empat varian, yaitu Tractor Head (bermesin diesel dan gas), dump truck (diesel dan gas), long chassis truck (diesel dan gas), serta cement mixer. (Cdx/S-2) Media Indonesia, 25/09/2014, halaman 22

0 komentar:

Post a Comment