14 Kecamatan di Cilacap Rawan Longsor

Tim Pos Pengamatan Gunung Dieng memastikan rekahan tanah tidak memunculkan gas beracun. Hujan deras yang mengguyur wilayah Cilacap menyebabkan bencana longsor di Desa Surusunda, Kecamatan Karangpucung, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/12) petang. Akibatnya, akses jalan kabupaten di Desa Surusunda ke Desa Pamulihan tertutup longsoran di enam titik.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Cilacap Supriyanto meminta masyarakat mewaspadai bencana longsor.“Sebab dari 24 kecamatan yang ada di Cilacap, ada 14 kecamatan rawan longsor, yakni Kesugihan, Jeruklegi, Kawunganten, Bantansari, Maos, Sidareja, Gandrungmangu, Karangpucung, Cipari, Majenang, Cimanggu, Wanareha, dan Dayeuhluhur,“ ujarnya, kemarin.

Ancaman longsor juga terjadi di sekitar kawasan gunung api Dieng, Banjarnegara, tepatnya di Dusun Pencil, Desa Karangtengah, Kecamatan Wanayasa. Tim Pos Pengamatan Gunung Api Dieng memastikan rekahan rekahan tanah tidak memunculkan gas beracun.

Ancaman longsor yang terjadi saat memasuki musim penghujan menggerakkan BPBD Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendirikan empat posko di daerah bencana rawan longsor. Keempat posko itu didirikan di empat kecamatan rawan longsor, yakni Kecamatan Pringsurat, Gemawang, Kandangan, dan Kaloran.

“Posko utamanya tetap ada di Kantor BPBD. Kami siaga 24 jam,“ ujar Kepala BPBD Temanggung Agus Widodo. Selain longsor, sejumlah daerah mulai dilanda banjir.Di Garut, Jawa Barat, ribuan warga Kecamatan Cikajang dan Banjarwangi yang sebelumnya mengungsi telah pulang ke rumah masingmasing. Mereka membersihkan lumpur dan sampah yang menumpuk di dalam rumah.

Hujan deras yang melanda Pasuruan dalam beberapa hari ini menyebabkan sebagian besar jembatan Karangan yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, ambrol, kemarin. Akibatnya, akses penghubung Desa Kepulungan dan Wonosari terganggu.

Angin puting beliung yang menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menyebabkan 29 rumah rusak berat, sedang, dan ringan. Peristiwa itu terjadi Selasa (9/12) sekitar pukul 15.00 WIB di Desa Mandalawangi, Kecamatan Salopa, Desa Karangresik, Kecamatan Jamanis, dan Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi.

Pada bagian lain, BPBD Klaten, Jawa Tengah, menggelar rapat evaluasi geladi posko bencana musim penghujan. Sebaliknya BPBD Kabupaten Bandung belum menetapkan status siaga darurat bencana. (Tim/N-4) Media Indonesia, 11/12/2014, halaman 11

0 komentar:

Post a Comment